Apa-apa saja seleksi UWC tahap ke 2 (FINAL)?

3:07:00 AM



SELEKSI UWC TAHAP 2 (FINAL)


 Image result for UWC INDONESIA


            Sekarang pukul 1 lewat 41 (saat artikel ini mulai ditulis). Sebelumnya saya ingin mengucapkan maaf kepada Teman-teman maupun Adik-adik semua yang sangat excited menunggu tulisan ini. Bukan karena tidak ingin memposting, namun jadwal saya akhir-kahir ini memang sangat padat. Makanya, mumpung ada waktu luang, meski udah larut malam, Saya akan coba membagikan pengalaman ini kepda Adik-adik yang penasaran dengan seleksi tahap kedua dari UWC. Mungkin, saat Adik-adik sedang membaca artikel ini, Adik-adik sudah berhasil melewati tahap pertama atau dengan kata lain Adik-adik telah mendapatkan email pemberitahuan kelulusan dari UWC Committee Indonesia (Congratz!!!). Atau mungkin saja, Adik-adik sedang galau-galauan menunggu pengumuman, sehingga berniat untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya, sehingga akan menjadi persiapan persediaan senjata di tahap kedua (Proud of you!).

Pada tahap kedua nanti, Adik-adik harus melewati berbagai proses seleksi di Jakarta. Jika saya tidak salah, tahun 2014 seleksi tahap kedua ini berlangsung di Gedung Sarinah. Sedangkan pada tahun 2015 (tahun saya lulus seleksi ke tahap ke II), dengan suatu alasan pihak UWC Committee Indonesia mengubah tempat seleksi, yang seharusnya di Gedung Sarinah menjadi di Hotel Oria. Tidak main-main, tempat tinggal + akomodasi kami selama seleksi berlangsung di tanggung sepenuhnya oleh UWC (sarapan, makan-minum, tempat tinggal dan transportasi ke panti asuhan). Sebelum dan sesampainya di Jakarta, Adik-adik harus konfirmasi kedatangan kepada pihak UWC Committee, boleh menghubungi contact person (disarankan) maupun lewat email. Hal ini bertujuan untuk mempermudah UWC Committee melakukan persiapan seleksi.  Selama di Jakarta, Adik-adik akan di arahkan oleh UWC Committee. Jadi, Adik-adik gak perlu takut atau stress for imagining what are in the next test.

       Berikut seleksi-seleksi yang akan Adik-adik hadapi ditahap kedua di  Jakarta Pusat (berdasarkan tahun lalu, perubahan mungkin dapat terjadi)
• Tes Wawancara (In English)
• Tes Psikologi (Drawing)
• Tes Menyelesaikan masalah bersama teman satu kelompok
-          Berbaur dengan anak-anak panti (akan diarahkan oleh UWC Committee)

Adapun selesi UWC tahap kedua di Jakarta merupakan seleksi tahap AKHIR dan bersifat FINAL. Setelah seleksi tahap kedua selesai, maka selanjutnya pihak UWC Committee akan menghubungi Adik-adik lewat email. Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, UWC Committee HANYA menghubungi peserta yang lulus dan akan diberangkatkan mewakili Indonesia ke UWC College. Tahun 2015, hanya 7 dari ratusan peserta (total peserta pendaftar dari tahap I) yang dipilih mewakili Indonesia ke UWC. Mereka adalah teman-teman dari kelompok Soekarno: Bayu – UWC Germany dan Sisy – UWC USA dan dari kelompok Hatta: Julia – UWC UK, Belva – UWC Norwey, Mita – UWC India, Omar – UWC USA dan Moniq – UWC Armenia

Jika Adik-adik lulus tahap terakhir, UWC Committee Indonesia akan mengunjungi tempat tinggal Adik-adik. Tujuan dari kunjungan ini tentu saja membahas mengenai hal-hal yang harus dan akan dilakukan saat sebelum keberangkatan ke UWC sesuai dengan tanggal yang telah ditetapkan.

Satu hal terakhir, Adik-adik juga perlu mengetahui bahwa UWC akan memproses semua tahap penyeleksian sepenuhnya. Mengenai pilihan negara yang Adik-adik pilih saat pertama kali mengisi formulir pendaftaran, terdapat banyak kemungkinan pilihan negara tujuan Adik-adik tersebut akan berbeda. Bisa jadi saat Adik-adik memilih UWC Germany pada pilihan pertama di formulir pendaftaran, eh ternyata saaat pengumuman tiba, Adik-adik lulus seleksi tahap kedua, namun bukan di UWC Germany, melainkan di UWC USA. Saya hanya berharap jika hal ini terjadi pada Adik-adik, janga buang kesempatan ini. Pada intinya, kita akan sangat mencintai pendidikannya bukan negaranya. Kita akan sangat mencintai suasana keluarga baru bukan kemewahan sekolahnya. Sekolah di luar negeri tanpa ada seorangpun mengendalikanmu akan menjadi pengalaman baru yang TIDAK bakal pernah bisa Adik-adik lupakan seumur hidup.


Best Regards,


3 : 10 AM

You Might Also Like

10 komentar

  1. hi kak, kalau boleh tau, apa yang kakak kembangkan atau mungkin perbaiki di bagian formulir ataupun essay kakak sehingga kakak berhasil ke tahap selanjutnya di tehun ke dua?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya semua persyaratan dan dokumen yg UWC minta ke Kita semuanya penting Dik. Kalau mau berhasil ke tahap selanjunya, pastikan dokumen2 kamu memang layak untuk dipertimbangkan. Masalah Essay, pastikan essay kamu membahas hal2 yg penting. Atau pastikan juga essay kamu mengangkat masalah2 yang ada dilingkungan sekitar kita dan jangan lupa untuk menuliskan bagaimana cara menanggulangi masalh tersebut

      Delete
  2. halo kak , aku qoyyah , tentang uwc , uwc itu program resmi dari pemerintah , atau program dari lembaga tertentu ?
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Qoyyah. Sekilas mengenai beasiswa UWC, beasiswa UWC tidak berasal dari pemerintah, melainkan merupakan program dari UWC nya sendiri. Spesifiknya yang saya tahu, UWC (United World College) memiliki banyak gedung sekolah (college) di berbagai negara di dunia. Nah, bedanya dengan beasiswa lain, mereka memberikan kesempatan bagi seluruh pelajar yg memang berambisi ingin belajar di luar negeri, TANPA nilai Toefl dan persyaratan beasiswa yang umumnya sangat RIBET.

      Delete
    2. Misi kak saya fio, saya ingin tanya, apa saja yang ditanggung uwc? Apa semuanya? Seperti transport ke negara tujuan, housing dan juga makan? Serta kebutuhan kita lainnya?

      Delete
  3. Misi kak mau tanya nih.Di bagian essaynya ditulis pake bahasa inggris atau bahasa indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Izin jawab yaa.. Jadi essay nya harus ditulis dlm bhs inggris. And if I'm not mistaken, essay yg kita buat juga jdi salah satu penilaian NC terhadap kemampuan bhs inggris kita. Makanya, dlm penulisan essay gak boleh ada pihak lain yg membantu penulisannya, harus dari peserta nya sendiri (bahkan utk sekedar koreksi kesalahan). Cmiiw~

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Hallo kak aku Nurhasanah mau tanya uwc membuka pendaftaran setiap tahun kah? Atau hanya pada saat PY-nya habis ?

    Terima kasih kak sebelumnya :)

    ReplyDelete
  6. Kak, testing bagian diskusi kelompok itu all english kak?

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan. Kami sengaja mengijinkan Anda yang tidak memiliki akun google untuk berkomentar. Tapi jika Anda memiliki akun google, sebaiknya menggunakannya, agar Anda dapat mengetahui respon balik dari kami. Hormat kami akkangyacob.blogspot.com

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe