Beasiswa United World College- UWC 2016

9:15:00 PM



               United World College-UWC 2016

       Hallo teman-teman, tidak terasa penerimaan siswa/i baru UWC tahun 2016 untuk wilayah Indonesia sudah dibuka. Saya adalah salah satu dari 22 finalis UWC 2015 (Jika tidak salah) yang sangat beruntung bisa masuk ke seleksi UWC tahap akhir. Saya rasa, jika teman-teman sedang membaca tulisan ini, itu artinya teman-teman memang sudah sangat excited sekali untuk bisa melewati seleksi demi seleksi yang akan diberikan oleh UWC Indonesia. Jujur saja saya hanyalah 'finalis', tapi meskipun finalis, saya rasa kegagalan saya yang tinggal satu langkah lagi untuk diterima di UWC bisa teman-teman jadikan pelajaran berharga.


       Pertama saya akan cerita dari tahap I. Saya harap teman-teman jangan sampai bosan membaca tulisan ini. Jika sekarang saja sudah malas membaca, gimana mungkin bisa diterima di UWC?...

       Yup, tahap pertama yang teman-teman harus lakukan adalah mengumpulkan informasi mengenai UWC. Saya jamin hal ini akan sangat bermanfaat. Informasi yang perlu teman-teman telusuri diantaranya: dimana sajakah UWC berada, apa sajakah persyaratan untuk meng-apply ke UWC, apa saja file yang harus dilengkapi, bagaimana kehidupan kampus di UWC dan lain sebagainya. Untuk info ini saya rasa teman-teman bisa meng update informasi di situs resmi UWC Indonesia http://uwcindonesia.org/

       Hal yang perlu teman-teman ketahui adalah meskipun ada banyak UWC di dunia ini, tidak selamanya UWC-UWC tersebut membuka pendaftaran bagi siswa/i di Indonesia. Jadi, seperti biasanya pihak UWC membatasi negara yang dapat kita pilih berdasarkan suatu alasan yang tidak perlu dibahas, tahun lalu kami hanya diberi tujuh options negara. Kemudian, untuk melanjutkan study di UWC baik jalur beasiswa maupun biaya sendiri hanya ada satu jalan, yakni hanya melalui proses seleksi oleh panitia penyelenggara UWC di Indonesia.

       Oke, jika menurut teman-teman pengetahuan teman-teman mengenai informasi UWC sudah cukup kuat, saya akan membagi pengalaman bagaimana cara mendaftar dan pengisian Application form di UWC.
Pertama, download file Application Form di website resmi UWC Indonesia. atau di link yang tertera berikut ini:

Ini untuk file yang harus di-isi oleh teman-teman
       Sedangkan yang di bawah ini adalah file yang harus di-isi oleh kepala sekolah maupun guru teman-teman

       Umumnya semua pertanyaan teman-teman sudah terterah di pdf Application Instruction di atas. Usahakan untuk bersikap mandiri. Sebaiknya, baca baik-baik petunjuk pengisian formulir di atas sebelum menghubungi panitia UWC Indoneisa. Disaat teman-teman mengisi formulirnya, isilah dengan menggunakan huruf besar, contoh: JONI, ANDREAN, dll

       Kemudian jangan sampai lupa melampirkan semua persyaratan yang diminta di formulir, seperti: surat rekomendasi dari guru atau kepala sekolah, surat izin orangtua, penghasilan orang tua atau bahkan foto copy rapor dan identitas diri.

       Jika teman-teman merasa bahwa application form sudah teman-teman isi dengan baik. Maka kirimlah application form tersebut sebelum pertengahan bulan januari 2016.

       Berhubung ini sudah larut malam, saya rasa cukup sampai disini pembicaraan kita. Jika ada waktu luang, saya akan up-date informasi teman-teman. Dan jangan lupa sering-sering chek blog, bila perlu ketik kata UWC di kolom pencarian di sebelah kanan atas di blog ini untuk menampilkan semua informasi mengenai proses pendaftaran UWC.

       Jika teman-teman ingin bertanya silakan komentar di kolom komentar dengan sopan.
Saya akan coba membantu teman-teman sebisa saya.
Salam dari saya. Good Luck


Image result for uwc












You Might Also Like

90 komentar

  1. kk raport yang dikumpulkan itu dari kelas berapa ya ? kalau dari smp boleh nggak ngumpulin raportnya dalam bahasa arab...soalnya dulu kan akselarasi di boarding school yang menggunakan bahasa arab jadi raportnya juga bahasa arab...atau perlu di translate dulu ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mudhafarsyah, maaf ya saya telat membalasnya. Tahun lalu kami hanya mengumpulkan rapor SMA saja. Saya harap Mudhafarsyah telah mengirimkan semua file yang dibutuhkan saat mendaftar dengan baik ya :-) Kita tunggu kabar baiknya dari UWC.

      Delete
    2. Assalamualaikum kaka akkang yacob .. kak formulirnya itu dalam bentuk asli (kertas) atau di dlm aplikasi (HP) ? ..

      Delete
    3. kak daftar nya itu ONLINE ATAU KERTAS

      Delete
  2. boleh minta surat rekomendasi dr kepala sekolahnya gak kak?buat pembelajaran, dikirim lewat email? soalnya saya lg mencoba mendaftr di beasiswa lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita udah post surat rekomendasi kepala sekolah kok Windy :-) Bisa di download di link tepat di bawah post an tersebut. Atau surat rekomendasi kepala sekolah yg Windy maksud berbeda dengan surat rekomendasi yg telah kami post sebelumnya ya?

      Delete
  3. File pendaftrannya setiap tahun berbeda atau bagaimana? Soalnya tahun ini saya masih kls 10 ... jika tahun depan,apa folmulir nya berdeda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai sekarang, tidak jauh berbeda Dik, yang biasanya berbeda sih dari segi tujuan collage nya. Contohnya, tahun 2015 UWC tidak membuka penerimaan di Italy, tapi tahun ini dibuka. Seperti itu Dik

      Delete
  4. Kalo mau dapet beasiswa dari UWC gimana ya kak? Mohon infonya dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adik kelas brapa? Program ini diperuntukan bagi siswa kelas XI kurikulum nasional dan kelas X kurikulum Internasional Dik.

      Delete
    2. Ka saya pengen nyoba uwc nah nanti daftarnya gimana ka? Essaynya pake b.ingg ? Trus gimana caranya membuat essay kita itu lebih menarik ka ?

      Delete
  5. Ka mau tanya, kalau kita nnt keterima misalnya kita lanjutin sekolahnya 1 atau 2 tahun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Jasmine. Setelah diterima di UWC nanti, Adik akan melanjutkan studi selama satu tahun di luar negeri.

      Delete
  6. Kak kalo mau ikut ini ada testnya,itu ada kriteria tertentu gak buat masuk situ kayak nilai minimalnya berapa gitu,,,

    ReplyDelete
  7. Kak kalo mau ikut ini ada testnya,itu ada kriteria tertentu gak buat masuk situ kayak nilai minimalnya berapa gitu,,,

    ReplyDelete
  8. Kak kalo mau ikut ini ada testnya,itu ada kriteria tertentu gak buat masuk situ kayak nilai minimalnya berapa gitu,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Pawenda Putri. Masalah nilai gak ada sih. Tapi bukan berarti yg nilainya dibawah lima bisa diterima juga. Artinya, meski nilai kamu ada yg tujuh, kamu masih punya kesempatan besar kok diterima di Uwc. Masalah test nya, tes seleksinya berupa Tes Psikologi dan Tes Kelompok. Hope you can enjoy your dreams! Slamat mencoba di tahun depan!

      Delete
  9. Kak asal sekolahnya harus yang berstandar International atau enggak ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal sekolah tidak harus berstandar Internasional Dik.

      Delete
  10. Kak, kalau baru masuk kelas 10 boleh daftar gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai tahun 2015 (Tahun Kami) ada juga siswa kelas 10 lulus hingga ronde final. Nah, tapi mulai tahun ini (2016), saya lihat di website UWC Indonesia, persyaratan untuk mendaftar hanya untuk siswa kelas 10 Internasional dan kelas 11 Nasional.

      Delete
  11. halo kak, apakah nanti setelah mengirimkan formulir akan ada panggilan untuk tes jika lolos?

    ReplyDelete
  12. halo kak, aku bingung kan itu lebih baik kalo kelas 11 yaa. itu mberarti kta daftarnya pas kita kelas 10 mau ke kelas 11 apa pas udh kelas 11 mau ke kelas 12?? makasih kak mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Dany Nyla Syifa.
      Daftarnya setelah duduk di kelas 11 dan ketika UWC udah buka pendaftaran ya.

      Delete
  13. Halo kak, apa lulusan UWC akan melanjutkan kuliah di negara tempat cabang UWC berada yang sedang dikunjungi(misal: UWC Amerika Serikat) atau dapat kembali ke negara asal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengenai hal ini nanti akan diumumkan lebih jauh saat sudah diterima di UWC nya Dik. Fokus masuk UWC aja dulu, setelah itu baru mikirin mau gimana dan mau ke mana setelah tamat dari UWC. Lagian bekal yang diberikan di UWC, saya rasa sangat qualify untuk melanjut keluar negeri juga.

      Delete
  14. Hai kak Yacob, saya jadi tertarik untuk ikut program ini.

    nah, menurut kakak yang merupakan poin penting (seperti sikap, tulisan, cara jitu dll) untuk lulus ikut program dari UWC tuh apa kak?

    Last but not least, i love your writing style. So, keep your good work and good luck :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg paling penting itu NIAT! Razin berdoa! Pihak UWC gak bakal milih peserta yang niatnya hnya setengah2.

      Delete
  15. Hai kak! saya udah download formnya yang tahun 2016, sedangkan saya bakal apply tahun depan, apakah format formnya tetap sama setiap tahunnya?
    Mohon dibalas ya kak, thank you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara keseluruhan hampir tidak ada perubahan, namun yg hanya berubah tujuan sekolah UWC nya. Karena bisa jadi taun depan UWC Jerman tidak menerima siswa/i baru tahun depan. Atau malah sebaliknya. Namun jika maksud Adik hnya untuk persiapan tahun depan, sngat dianjurkan melihat form tahun ini. Good Luck :)

      Delete
  16. Kalo cara mendapatkan beasiswanya itu gimana ya kak? Sama gak kayak cara yang di atas?

    ReplyDelete
  17. kak kan saya baru mau masuk kelas 10 nih, itu udah bisa daftar atau belum? sekolah nya juga harus bertaraf nasional dan internasional kah? kalo saya sekolah nya di MA boarding school/ pesantren, kira kira saya bisa ikutan ngga tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya dikomentar-komentar sebelumnya udah saya jelasin Dik mengenai pertanyaan ini. Tapi gak papa. Sejak tahun ini (2016) UWC membuat persyaratan baru, yakni kelas 10 yg bisa mendaftar hnya skolah yg memiliki kurikulum internasional, sedangkan kelas 11 yg bisa daftar yakni kelas 11 kurikulum nasional maupun internasional juga bisa. Menurut Adik, apakah sekolah Adik menggunakan kurikulum internasional?

      Delete
  18. Kak skrng masih bisa daftar UWC ga? Klo bisa daftar nya gimana?dan dimana?

    ReplyDelete
  19. Prioritas yang dikedepankan dalam seleksi untuk uwc sendiri apa kak?
    Sama boleh tau alamat email uwc indo?

    ReplyDelete
  20. Kak, kalo kelas 11 usianya 15 tahun boleh masuk uwc?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo,
      Informasi lengkapnya udah dipindah ke
      http://akkangyacob-scholarship.blogspot.co.id/

      Delete
  21. Kak sekolah saya memakai kurikulum 2013, dan saya sudah kelas 11 tapi umur saya masihvkelas 15, apa saya bisa mengikutinya? Tapi akhir januari saya baru bisa 16 tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Charity,
      Informasi lengkapnya udah dipindah ke
      http://akkangyacob-scholarship.blogspot.co.id/

      Delete
  22. Kak saya kan juga udh liat nih application intructionny,terus di situ ad tertulis ''result toefl or any internationally recognized english langguage proficiency test.'' Nah masalahnya kak, kalau saya nggk pernah ngelakuin itu bagaimna kak apa saya harus mengikuti yg sejinis toefl atau nggk usah ?

    Terimakasih kak

    ReplyDelete
  23. kak, pendaftarannya untuk tahun depan itu dibukanya kapan ya? adakah pengumummanya di website UWC nya nanti atau gimana??
    dan juga buat form yg section A itu kan ada tertulis yg ditanyain soal punya sodara/keluarga yg sedng belajar atau lulus dari uwc atau tidak.. kalo tidak ada itu gimana isinya? dicoret? atau dikosongkan? makasih sebelumnya kak

    ReplyDelete
  24. Maaf untuk mempersingkat waktu. Saya akan balas pada kolom komentar yang sama.
    Anonymous@ Applicants bisa mendaftar ke UWC tiap tahun. Informasi selengkapnya ada di http://www.uwcindonesia.org/

    Rafesal Daffa@ Prioritas uwc itu yg benar2 bisa membawa harum nama indonesia di uwc di mana siswa itu menimba ilmu

    Anonymou@ Syarat dan ketentuannya:
    In order to apply to UWC schools through the National Committee in Indonesia, an applicant must meet the following general criteria.

    Applicant must be an Indonesian citizen.
    Applicants with multiple citizenships may apply as long as one of them is Indonesian.
    Applicants who are NRI (Non-Resident Indians) who have stayed in Indonesia for more than 6 months are welcomed to apply to Mahindra UWC of India through UWC National Committee in Indonesia.

    Applicant must be between 16 to 19 years old, as per 01 June 2016.
    Some Colleges may allow students who will be 16 years old in September 2016, when they start the school year, to apply. Students and parents must be aware that visa regulations of the country where the Colleges are located may have stricter regulations or procedures for younger students to apply for a student visa.


    Applicant must currently be in:
 A) Grade 10 for students who are taking Cambridge IGCSE or O Level, or IB MYP, or B) Grade 11 for students who are taking Indonesian National Curriculum
    Applicants who are taking Cambridge IGCSE or O Level, or IB MYP must submit proof of their courses. The applicants may be requested to submit results of their IGCSE / O-Level or MYP exams later in the selection process.


    Applicant must demonstrate good academic standing by having achieved a minimum of 8.0 (out of 10) average score or its equivalent for the past two years.
    Applicant must submit copies of their school transcripts since Grade 7. There is no need to translate the transcript to English.

    Charity A@ Jika tidak memiliki nilai toefl tidak papa, kirim yang ada aja dulu. Saya juga dulu tidak memiliki nilai toefl. Dan berdasarkan pengalaman pendahulu, ada kok yang belum fasih english tapi diterima di uwc

    Syafira Nurlita@ Biasanya UWC buka pendaftaran mulai dari januari, dan seleksinya bisa sampai bulan April. Panitia UWC Indonesia rajin update di medsos baik facebook, twitter, instagram maupun website. Masalah pengisian formulir, jika tidak ada bisa dicoret atau diberi tanda garis.

    ReplyDelete
  25. Oh kak, kmrn saya juga baca yg di section A itu ad di tanya '' tau uwc dari mana '' trs saya kan taunya dari internet jadi yg harus saya usi itu cuma nama w3bnya tempat saya tau uwc ? Saya kan tau ini dari web ini jadi saya tulis situs web itu di jawabannya ?

    ReplyDelete
  26. Tulis itu cuma webnya tempat saya tau uwc ?

    ReplyDelete
  27. Yang itu bisa aja Adik jawab; website saja atau bisa juga; website: (titik dua) www.akkangyacob.blogspot.com. Jika memang Adik tahu mengenai UWC dari blog ini.

    ReplyDelete
  28. kak saya masih kelas IX , apa saya bisa mendaftar ?

    ReplyDelete
  29. Kakak, untuk ikut UWC ini apakah sudah tutup?

    ReplyDelete
  30. Hallo semuanya. Blog ini akan segera di non aktifkan dari menu Beasiwa. Nah, karena minat yang sangat banyak. Saya memindahkan kumpulan informasi beasiwa ke www.akkangyacob-scholarship.blogspot.com - Jangan lupa tambahkan email Anda ke dalam blog unutk mendapatkan informasi up to date mengenai beaiswa. Komentar sepuasnya. Kakak akan balas semampuh Kakak. Good Luck!

    ReplyDelete
  31. http://akkangyacob-scholarship.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  32. kak kalo kita gak dapet beasiswa boleh minta tolong direkabin pembayaran kuliah disana gak

    ReplyDelete
  33. Kak beasiswa UWC itu khusus anak-anak SMA ya ? Kalo anak-anak SMK bisa ?

    ReplyDelete
  34. Halo kak. Aku pengen ikutan, sekarang udah di tutup iya?? Aku sekarang kelas 11. Aku pengen ikutan .aku baru tau sekarang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai aku juga kelas 11 nah program ini bisa buat kelas 11 kok *hanya membantu

      Delete
  35. kak.persyaratan nilai kan rata2 harus 8 itu satu pelajaran 8 atau rata2 nilai semuanya 8?

    ReplyDelete
  36. kak kalo kita tidak punya beasiswa, apa bisa pakek biaya sendiri? dan itu kisaran berapa ya kak. terimakasih

    ReplyDelete
  37. Halo kak, sebelumnya makasih info2 nya.
    aku mau nanya, cara untuk mendapatkan beasiswanya itu gimana ya? terus kalau yg make biaya sendiri/partial scholarship kira2 biayanya segimana? terus itu negaranya kita bisa pilih atau dipilihin? makasih kak!, kutunggu jawabannya hehe

    ReplyDelete
  38. maksudnya kurikulum nasional itu gimana kak? btw saya kan kelas 10, berarti baru bisa ikut programnya tahun depan ya? pas mau naik kelas 11?

    ReplyDelete
  39. Kak, aku kelas 11 tapi usianya 15 tahun, apkah tau depan (kelas 12, umur 16 tahun) masih bisa mendaftar ke uwc ?

    ReplyDelete
  40. Informasi selengkapnya bisa dilihat di http://akkangyacob-scholarship.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  41. Kak kalo anak smk bisa masuk ke UWC nggak

    ReplyDelete
  42. Kak kalo SMK bisa masuk ke UWC nggak?

    ReplyDelete
  43. Kak kalo SMK bisa masuk ke UWC nggak?

    ReplyDelete
  44. Kak kalo SMK bisa masuk ke UWC nggak?

    ReplyDelete
  45. Hai ka, aku sekarang masih kelas 10, nah aku mau daftar UWC, aku email pihak UWC itu pendaftaran dibuka December katanya. Nah jadi, Desember tahun ini (kelas 10) atau Desember tahun depan pas udah kelas 11 ya kak? Terima kasih kak

    ReplyDelete
  46. Ka Yacob, saya Yosafat kelas XI , saya mau tanya , seleksi UWC tahun ini apa sudah ditutup???

    ReplyDelete
  47. Bagaimana langkah awal kita mendaftar ke UWC kak? Saya sudah kelas 12, apakah masih bisa ikut UWC?

    ReplyDelete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam kak! Saya mau tanya, Bagaimana Cara Mengirim Formulir Pendaftaran Tersebut? Mohon Info nya.. Terimakasih

      Delete
  49. assalamualaikum,
    saya Aziz,

    mas kok di application intruction nya, saya baca ada hasil TOEFL nya ya,
    apa itu harus?

    ReplyDelete
  50. Halo kak yacob. Sebelumnya terimakasih infonya. Saya Zahara dari smp n 9 bintan. Kebetulan saya tertarik untuk masuk uwc. Walaupun saya masih kelas 9��. Kebetulan setelah lulus saya berencana masuk ke smk. Yang mau saya tanyakan apakah siswa fari smk bisa mendaftar di uwc? Mohon sarannya ya kak. Terimakasih ��

    ReplyDelete
  51. Kak dikatakan melampirkan hasil TOEFL or any internationally recognized english language proficiency test, apa ini harus? Kalo aku adanya piagam naik level EF gmn? Kan klo test toefl bayarnya lumayan:(

    ReplyDelete
  52. Kak klo di uwc itu nanti kita pake bahasa inggris apa bahasa negara yang kita tuju?

    ReplyDelete
  53. kalau yang akselerasi bisa ikut ngk kak ?

    ReplyDelete
  54. Kak kalau yang dari SMK bisa tdk ya? Tapi tahun sebelumnya saya sekolah di SMA. Hanya mengulang di smk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Amalia. Untuk yang ini boleh lihat di webnya ya: www.uwcindonesia.org/

      Delete
  55. Kak daftarnya itu kertas atau online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Abdulloh Hasyim. Pertama, download dan print dulu formulirnya. Kemudian, isi. Lalu kirimkan ke alamat yang sudah terterah. Smngat!

      Delete
  56. Kalo yg section pricipal reference form itu diisi sama kepala sekolahnya harus berbahasa inggris atau boleh pake bahasa indonesia kaya yg section parents/guardian

    ReplyDelete
  57. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  58. Maaf kak sebelumya mau tanya sekarang saya naik kelas XI apakah pendaftaran tahun ini sudah di tutup atau belum dan bagaimana cara daftarnya , terimakasih kak

    ReplyDelete
  59. hi kak , very interesting and thanks to share it to us , kak mau nanya kan sy sdh kelewatan ambil UWC (2017) karena berhubung sy juga ikut AFS- YES selection , well in the last selection im failed , so karena aku baru kelas IX now so in next year i'll try to get UWC, dan pas sy buka website UWC indo kok nggak bisa ya? jadi saya nanya nya di kak aja , jadi kak tesnya UWC itu setelah mengumpulkan dan sent formulir itu ada seleksi berkas dan bakal di notify jika lulus kak? then after that jadi kak setelah dikatakan lulus seleksi berkas itu bakal lanju tes nya di mana kak? jakarta? and the last kak jadi the hard part nya itu di seleksi berkas ya kak? or not? kak boleh minta email nya ?

    thanks so much

    ReplyDelete
  60. Kak,aku kan tahun ini baru klas 11.. itu pendaftaranya udah dibuka blum? Makasih

    ReplyDelete
  61. Kak,aku kan tahun ini baru klas 11.. itu pendaftaranya udah dibuka blum? Makasih

    ReplyDelete
  62. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  63. Harus punya paspor dulu atau bisa ngurus paspornya belakangan kak?

    ReplyDelete
  64. ka aku baru apply. nah surat rekomendasi nya itu dibuat sama kepsek,guru dan general sendiri atau dikirim oleh pihak uwc nya trs ngisi semacam formulir gtu? soalnya aku tanya ke kepsek, guru dan general aku mereka blm dapet kiriman email dari uwcnya

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan. Kami sengaja mengijinkan Anda yang tidak memiliki akun google untuk berkomentar. Tapi jika Anda memiliki akun google, sebaiknya menggunakannya, agar Anda dapat mengetahui respon balik dari kami. Hormat kami akkangyacob.blogspot.com

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe