Penggunaan Neither...Nor dan Either...Or yang Tepat

10:10:00 PM

Hai, ketemu lagi dengan blog belajar yang sangat keren Akkangyacob.blogspot.com 
Maafkan saya menuliskan blog address di atas dengan huruf besar. Setidaknya saya bisa sedikit berbangga hati telah memiliki blog dengan pengunjung yang lumayan. (Ngomong apa wkkwkwk)

Oke gak pake sambal, gak pake saus (emangnya  Bakso Bulat wkwkkwk) kita akan mulai belajar kembali dengan topik... Penggunaan Neither, Nor dan Either, Or yang Tepat.

"Harap fokus" 
.
.
.



1. Either .... Or
Konjungsi either...or digunakan dalam kalimat persetujuan positif dimana persetujuan tersebut merujuk kepada dua pilihan yang memiliki dua kemungkinan.

Contoh: You can go either now or after the show, it's up to you
Artinya: Kamu bisa pergi baik sekarang maupun setelah pertunjukan, terserahmu (kalimat ini positif)


2. Neither...Nor
Konjungsi neither...nor didalam kalimat negatif dimana dua atau lebih kalimat tersebut tidak benar

Contoh: Neither Joseph nor Michel is using the handphone
Artinya: Baik Joseph maupun Michel TIDAK menggunakan seluler itu (kalimat ini negatif)



Ketentuan Plural (Jamak) dan Singular (Tunggal)

Sebelum kita membahas lebih jauh, sebelumnya teman-teman harus mengerti membedakan mana subjek plural (jamak) dan mana subjek singular (tunggal). 
  • Subjek plural (jamak) adalah kalimat yang berisikan dua atau lebih subjek, serta berisikan subjek-subjek yang memang telah dianggap plural (jamak), misalnya: I, you, they, dan we adalah subjek yang dianggap plural (jamak). Contoh kalimat: They go to school. Nah kenapa pada contoh kalimat tersebut kita menggunakan kata "go", karena 'go" merupakan kata kerja bentuk plural (jamak). Jadi, dapat disimpulkan bahwa jika subjeknya pularal (jamak) maka kata kerjanya juga harus plural (jamak)
  • Subjek singular (tunggal) adalah kalimat yang berisikan subjek tunggal, misalnya She, He, It dan nama orang yang tunggal (satu orang) merupakan subjek tunggal. Contoh kalimat: She goes to school atau Andi goes to school. Nah kenapa pada contoh kalimat tersebut kita menggunakan kata "goes", karena 'goes" merupakan kata kerja bentuk singular (tunggal). 
    Jadi, dapat disimpulkan bahwa jika subjeknya singular (tunggal) maka kata kerjanya juga harus singular (tunggal)


Plural dan Singular pada  Either...Or dan Neither...Nor

Pada kalimat yang mengandung konjungsi either...or dan neither...nor pasti mengandung lebih dari satu subjek namun dengan kelompok yang berbeda.

Contoh: Neither my sister nor the twins are driving car right now
Mari kita identifikasi contoh di atas. Pada kalimat ini kita melihat ada dua subjek dengan posisi yang berbeda, yakni "My sister" (tunggal) dan twins (jamak). Sedangkan tobe yang digunakan pada contoh di atas adalah "are" (tobe jamak). Maka teman-teman perlu mengingat bahwa untuk menentukan tobe / verb (kata kerja) pada either...or dan neither...nor DITENTUKAN oleh subjek kedua. 

Contoh lain:  Neither the twins nor my sister is driving car right now
Nah, coba deh teman-teman perhatikan contoh kalimat di atas. Contoh di atas tidak memiliki perbedaan yang jauh dari contoh sebelumnya. Akkang hanya membalikkan posisi masing-masing subjek, dan ketika posisi "my sister" berada di posisi subjek nomor dua, tobe yang digunakan bukan tobe "are" lagi, melainkan tobe "is", karena apa? Karena tobe "is" merupakan tobe singular (tunggal).

Either...or dan Neither...Nor menggunakan pola  yang sama. Jadi, Akkang gak perlu jelasin panjang kali lebar lagi mengenai Either...nor. Untuk membantu teman-teman dalam menjawab soal, mari perhatikan contoh berikut ini:

Contoh Kalimat lain:
1. Either Jansen or my sisters get a good score
2. Either Johny or Petra do the homework
3. Neither I nor Herman plays the piano
4. Neither Felix nor I use the computer 

Tips: 1. Baca artikel ini dengan seksama, jika perlu ulangi membacanya. 
         2. Tanya Akkang, di kolom komentar

 

You Might Also Like

4 komentar

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete




  2. I wanna say thank you very much for ur useful blog, but i have two questions according to two of your examples, the first example is "Either Johny or Petra do the homework" .you said that the verb form depends on the second subject, petra is the second subject, so "do" is the verb of that example. should we change "do" into "does" ? thx.
    and another question, I wanna ask about your last example "Neither Felix nor I use the computer" the subjects are Felix and I , right? the verb form depends on the last subject and "I" is the last subject ,so we will use the verb 1 "use" right? , if in another case we have different example " Neither Felix nor Justin uses the computer" we use "uses" because the last subject is justin (singular) ? am I right? please tell me thankyou

    and i also have another question

    ReplyDelete
  3. Akang itu contoh "Either Johny or Petra do the homework" last subjek nya kan si Petra,apakah seharusnya menggunakan verb does karena subjeknya singular? Matur nuwun..

    ReplyDelete
  4. Kalau kalimay tanya gmn?apa ttp pakai subject kedua?

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan. Kami sengaja mengijinkan Anda yang tidak memiliki akun google untuk berkomentar. Tapi jika Anda memiliki akun google, sebaiknya menggunakannya, agar Anda dapat mengetahui respon balik dari kami. Hormat kami akkangyacob.blogspot.com

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe