JENIS, CONTOH DAN PEMBAHASAN LENGKAP MATERI CONJUNCTION

8:40:00 PM

Hello teman-teman Akkang. Kali ini kita akan membahas materi mengenai conjunction (kata pengubung). Terkadang kita sepele dengan materi yang satu ini, tapi jangan salah kaprah loh, bahwasanya materi conjunction ini juga kerap masuk dalam daftar test olimpiade bahasa inggris loh. Gak usah lama-lama yuk cap cip cus GO!!!!!


A. Pengertian Conjunction
 Jika kita coba cek di google, pengertian conjunction adalah
A word used to connect clauses or sentences or to coordinate words in the same clause (e.g., and, but, if )
atau dalam bahasa Indonesianya:
Sebuah kata yang digunakan untuk menghubungkan klausa-klausa atau kalimat-kalimat atau untuk menyerasikan kata demi kata pada klausa yang sama (Contohnya, and, but, if)
 Berdasarkan jenisnya, Conjunction ini dibedakan menjadi 3 jenis:
1. Cordinating conjunction
2. Subordinating conjunction, serta
3. Correlative conjunction


 B. Jenis-jenis Conjunction beserta contohnya

1. Cordinating Conjunction

Cordinating conjunction adalah konjungsi atau kata penghubung yang digunakan untuk mneghubungkan dua frasa atau kalimat yang memiliki kepentingan yang setara. Dalam penggunaanya, terdapat 7 buah konjungsi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya: For, And, Nor, But, Or, Yet, So

Tips: Ke-7 Konjungsi di atas dapat disingkat dengan singkatan "FANBOYS"

Contoh: 

1. I don't want to eat Apple or Banana
Nah, pada kalimat di atas kita dapat melihat ada dua kata yang setara, yakni antara Apple dan Banana yang dihubungkan oleh oleh konjungsi Or , sehingga menimbulkan makna yang dapat kita mengerti. Gampang kan???
2. You and I are dringking together
3. Sorry, I can’t attend your party tomorrow for I have to accompany my mother to go to hospital
4. She nor he finish the test
5. Desi plays music very well, but he can't sing
6. You have to go right now, so you will not miss the bus
7. Rudy loves to eat a lot yet he doesn’t grow bigger.


2. Correlative Conjunction
Correlative conjunction adalah konjungsi atau kata penghubung yang digunakan untuk menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa dan klausa yang berbeda. Adapun correlative conjuncton memiliki penggunaan konjungsi berpesangan yang khusus. Berikut adalah pasangan-pasangan dari correlative conjunction:
  • Not only berpasangan dengan but also
  • Not berpasangan dengan but
  • Neither berpasangan dengan nor --> (Neither = baik) .....(nor = maupun)
  • Either berpasangan dengan or --> (Either = baik) .....(or = maupun)
Perbedaan saat menggunakan Neither...nor dengan Either...or yaitu: Either...or digunakan untuk kalimat yang mengandung makna postitif. Sedangkan Neither...nor digunakan untuk kalimat yang mengandung makna negatif. Untuk penjelasan lebih dalam mengenai either...or dan neither...nor silakan klik link berikut ini, karena ada pembahasan khusus mengenai konjungsi yang satu ini.
 
Tips: 
Lihat konjungsi-konjungsi di atas! Konjungsi dengan huruf yang lebih panjang selalu diikuti dengan konjungi dengan huruf yang panjang juga. Contoh, Not only berpasangan dengan But also (sama-sama dua kata). Sedangkan Not berpasangan dengan but (sama - sama satu kata). Begitu pula sebaliknya, Neither berpasangan dengan nor (hurufnya lebih panjang dibandingkan dengan) Either berpasangan dengan or. Atau dengan tips lain, teman-teman dapat mengingat pasangan Neither dengan Nor, dimana kedua konjungsi ini diawali dengan huruf "N". Sedangkan pasangan Either dengan or, sama-sama diawali dengan huruf Vokal , yakni "E dengan O"

Contoh:
1. Rudy is not only talkative but also funny
2. She is not beauty but she is cute
3. Either Gaby or Jennifer is a good girl
4. Neither my parents nor my friends do not care to me

 
3. Subordinating Conjunction
Subordinating conjunction adalah konjungsi atau kata penghubung yang digunakan untuk menghubungkan induk kalimat dengan anak kalimat. Dalam sitilah bahasa inggrisnya, menghubungkan independent clause (induk kalimat) dengan dependent clause (anak kalimat). Lalu bagaimana cara membedakan antara independent clause dengan dependent clause?
Independent clause (induk kalimat) merupakan kelompok kata yang mengungkapkan pemikiran yang lengkap tanpa dibangun dengan subjek dan predikat.Sedangkan dependent clause (anak kalimat) merupakan kelompok kata yang selalu terdiri atas subjek dan predikat.
Dalam subordinating terdapat 12 konjungsi dengan arti yang berbeda. Kedua belas konjungsi - konjungsi tersebut adalah:  While, Whether, Where, Before, After, Then, As, Since, Because, Although/though/even though, How dan Until.

Tips
Kedua belas konjungsi di atas dipat diingat dengan singkatan WWW.BATASBAHU (While, Whether, Where, Before, After, Then, As, Since, Because, Although/though/even though, How dan Until.                                                                                                          
Remember!
Konjungsi atau kata penghubung pada Subordinating Sonjunction selalu berada SEBELUM Dependent Clause (anak kalimat)


Contoh:
1. The girl who is reading a novel is my sister
2. I love that picture which can make me happy
3. The teacher knows where the students are hiding
4. Mom doesn’t know why the washing machine is not working
5. Dad knows how to fix a car
6. Rob realized that it’s not his fault
7. Uncle Sam is gardening while Patsy takes a nap
8. I don’t know whether it’s right or wrong
9. I had locked the door before I left the house
10. I have to attend the lectures although it’s going to rain
11. We have had in a relationship since in high school
12. You have to wait until the bus comes

Akkang rasa, jika teman-teman menyimak baik-baik tulisan ini, maka teman-teman tidak akan kebingungan lagi menjawab soal yang sama. :-)

Happy for helping you. God bless us!

 

You Might Also Like

0 komentar

Berkomentarlah dengan sopan. Kami sengaja mengijinkan Anda yang tidak memiliki akun google untuk berkomentar. Tapi jika Anda memiliki akun google, sebaiknya menggunakannya, agar Anda dapat mengetahui respon balik dari kami. Hormat kami akkangyacob.blogspot.com

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe