Cara Cepat Belajar Causative Verbs

6:45:00 PM








Hallo teman-teman Akkang, karena banyaknya permintaan. Maka kali ini Akkang akan membahas mengenai causative verb. Simak baik-baik ya, agar tampilannya lebih bagus, Akkang sarankan teman-teman menggunakan tampilan dekstop, dapat diatur dengan cara >>>mengklik tanda ubah ke tampilan dekstop tepat di bawah post di bawah ini.

 

Causative Verbs
Causative verbs adalah kalimat yang berfungsi untuk membuat orang lain melakukan sesuatu pekerjaan.

Causative verbs terbagi menjadi dua, yakni Active dan Passive. 
 
1. Active Causative
Untuk mempermudah teman-teman dalam menjawab soal causative. Teman-teman harus mengingat dan memahami bahwa causative aktif hanya digunakan untuk kalimat yang menggunakan objek orang. 
Kata "Have, Has, Had, Let, dan Make" diikuti oleh objek orang dan ditambah dengan Infinitive (kata dasar)
Sedangkan kata "Get, Gets, Got, Ask, Asked, Tell, Told, Order, etc" diikuti oleh objek orang dan ditambah dengan to infinitive (to + kata dasar).




Contoh Soal:

1. I let my brother _____his homework alone
A. Do                  B. To do
C. Does               D. Did
E. Done
Penyelesaian : Perhatikan causative verb yang digunakan, yakni LET.Nah, karena pada kalimat menggunakan kata LET, maka gunakan rumus yang menggunakan kata LET.
  
Dari pilihan di atas yang hanya menggunakan infinitive (kata dasar) adalah kata "Do". Maka jawabannya A. 

2. The manager asked the secretary____her report
A. Finish          B. To finish
C. Finishing      D. Finished
E. To be finish
Penyelesaian:  Akkang rasa jika teman-teman sudah memahami cara penyelesaian di atas, maka teman-teman PASTI sudah mampu menjawab soal ini. Tapi Akkang akan tetap membantu.
Perhatikan causative verb yang digunakan, yakni ASKED. Nah, karena pada kalimat menggunakan kata ASKED, maka gunakan rumus yang menggunakan kata ASKED.
 
Dari pilihan di atas yang hanya menggunakan To Infinitive (To + Kata Dasar) adalah kata "To finish". Maka jawabannya B. 


2. Passive Causative
Sama dengan materi sebelumnya, untuk mempermudah teman-teman dalam menjawab soal causative. Teman-teman harus mengingat dan memahami bahwa causative pasif hanya digunakan untuk kalimat yang menggunakan objek benda. 
  
Semua Causative Verb ("Have, Has, Had, Let, Make Get, Gets, Got, Ask, Asked, Tell, Told, Order, etc") diikuti oleh objek benda dan ditambah dengan kata kerja bentuk ketiga (V3)

Contoh Soal:
1. My mother have that flowers_____by Ani
A. Water         B. Watering
C. To water    D. Watered
E. Will water
Penyelesaian: Langka yang paling utama yang harus teman-teman lakukan adalah memperhatikan jenis soalnya. Jika objeknya adalah benda, maka gunakan rumus passive causative. Jika objek yang digunakan adalah benda, maka teman-teman tidak perlu memperhatikan causative verb yang mana yang digunakan, baik itu has, have ataupun get. Karena semua causative verb tersebut memiliki rumus yang sama. Maka mari kita bahas soal di atas.

 
Dari pilihan di atas yang hanya menggunakan Kata benda bentuk ketiga (V3) adalah kata "Watered". Maka jawabannya D. 

Sekian materi mengenai causative verbs. Semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Jika masih bingung. Silakan komentar di kolom komentar dengan sopan, saya akan usahakan menjawabnya As soon as possible.

You Might Also Like

0 komentar

Berkomentarlah dengan sopan. Kami sengaja mengijinkan Anda yang tidak memiliki akun google untuk berkomentar. Tapi jika Anda memiliki akun google, sebaiknya menggunakannya, agar Anda dapat mengetahui respon balik dari kami. Hormat kami akkangyacob.blogspot.com

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe